Cara Cek Mutasi Rekening BRI dan Mandiri di ATM

Cara Cek Mutasi Rekening BRI dan Mandiri di ATM
Ilustrasi Manfaat Cek Mutasi Rekening BRI dan Mandiri
Glozaria – Apakah Anda perlu cek transaksi terakhir rekening BRI atau Mandiri? Sip, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.
Setiap bulan baik BRI dan Mandiri, terjadi berbagai transaksi keuangan. Semua transaksi ini sudah tercatat dalam daftar mutasi rekening kita. Kita dapat mengecek  mutasi rekening dengan berbagai cara. Anda dapat cek mutasi rekening lewat ATM dan secara online lewat Aplikasi.

Biaya Cek Mutasi Rekening BRI dan Mandiri

Untuk nasabah BRI dapat cek mutasi rekening menggunakan aplikasi BRImo. Sedangkan untuk nasabah Bank Mandiri bisa menggunakan Aplikasi Livin’ Mandiri, nama aplikasi terbaru Bank Mandiri. Tentu ada kelebihan kalau menggunakan aplikasi karena kita akan terhindar dari biaya cek mutasi alias gratis. Selain itu, mutasi transaksi yang dapat kita cek jauh lebih banyak. Jika kita cek mutasi lewat mesin ATM, hanya dapat melihat 5 (lima) transaksi terakhir saja.
Cek mutasi lewat BRI dikenakan biaya Rp. 500,-. Sedangkan cetak mutasi lewat Bank Mandiri dikenakan biaya Rp. 1.000,-. Jadi pilih mana, pakai aplikasi atau lewat mesin ATM?

Apakah Bisa Cek Mutasi BRI dan Mandiri di ATM Bank Lain

Cek mutasi atau cetak mutasi hanya bisa dilakukan pada mesin ATM yang sama dengan kartu ATM kita. Mesin ATM membatasi fitur-fitur kartu ATM jika kita membukanya pada mesin ATM berbeda Bank. Begitupun fitur cek/cetak mutasi yang hanya bisa dilakukan pada mesin ATM dengan bank yang sama.

Arti Kode di Mutasi Rekening BRI dan Mandiri

Sebagai mana fungsinya, setelah kita melakukan cetak mutasi maka kita akan mendapatkan struk mutasi rekening. Baik itu struk mutasi BRI maupun struk mutasi Mandiri. Pada setiap struk mutasi tersebut terdapat 5 (lima) transaksi terakhir yang ditampilkan.
Secara umum, ada 2 kode mutasi yang mungkin kita lihat pada struk mutasi bri dan mandiri. Dua kode mutasi tersebut adalah kode C dan D. Apa arti kode C dan D pada struk mutasi BRI dan Mandiri tersebut? Arti kode C di mutasi rekening BRI dan Mandiri adalah credit/kredit yaitu jumlah uang/dana yang masuk ke rekening. Sebaliknya kode D artinya Debit yaitu jumlah uang/dana yang keluar dari rekening. 
Lebih jelasnya perhatikan contoh struk mutasi rekening BRI dan Mandiri berikut.
contoh struk mutasi rekening bri dan mandiri
Contoh Struk Mutasi Rekening BRI (Kanan) dan Mandiri (Kiri)

Cara Cek Mutasi Rekening BRI di ATM BRI

1. Pada mesin ATM, masukkan kartu ATM.
2. Pilih Bahasa misalnya Indonesia.
3. Masukkan PIN ATM.
4. Pilih Menu Lainnya.
5. Pilih Registrasi dan Info Lainnya.
6. Pilih Mutasi Rekening.
7. Kita akan dikenai biaya RP. 500,-, klik Lanjutkan untuk mencetak mutasi.
6. Selesai, struk/resi berhasil dicetak.

Cara Cek Mutasi Rekening Mandiri di ATM Mandiri

1. Pada mesin ATM, masukkan kartu ATM.
2. Pilih bahasa misalnya Indonesia.
3. Masukkan PIN ATM.
4. Pilih Transaksi Lainnya.
4. Pilih Cetak Mutasi.
5. Tunggu transaksi selesai diproses. Kita akan dikenai biaya RP. 1.000,-.
6. Selesai, kita berhasil mendapatkan struk/resi bukti transaksi.
Demikian, share kalau bermanfaat.

Tinggalkan komentar