Cara Menjalankan Usaha Kredit Barang untuk Pemula

Apakah anda adalah salah satu orang yang pernah di tawarkan Kredit barang? Jika iya maka anda sudah pernah melihat usaha yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Jika Kredit biasanya berasal dari perusahaan seperti Home Credit, tetapi ternyata di lingkungan kita sendiri ada orang yang menawarkan kredit secara langsung. Ini artinya orang yang menawarkan nya tersebut yang menjadi perantaranya.

Jenis usaha Kredit barang ini sebenarnya mudah, tetapi sering menghadapi kendala seperti orang yang Kredit telat membayar atau susah ketika di tagih. Jika hal seperti ini sering anda lihat, maka anda harus selektif mencari calon konsumen.

Cara Menjalankan Usaha Kredit Barang untuk Pemula

Keuntungan yang di dapat dari usaha kredit barang ini adalah dari bunganya. Usaha ini juga bekerja dengan Cara memutarkan modal.

Salah satu barang yang paling diminati adalah barang elektonik, apalagi barang tersebut memiliki harga yang cukup mahal sehingga orang lebih banyak untuk mengambil kredit karena dananya juga masih terbatas.

Peluang usaha ini sangat terbuka karena memang di suatu daerah tidak banyak yang menjalankan usaha ini, namun banyak orang yang ingin kredit.

Menjalankan usaha kredit ini harus penuh kesabaran karena untuk pelunasan barang butuhkan waktu cukup lama. Berikut adalah tips atau Cara menjalankan usaha kredit barang.

1. Men persiapkan Modal

Besar kecilnya modal ini tergantung langkah kredit seperti apa yang akan anda Jalankan. Yang pertama anda bisa bekerjasama dengan suatu toko yang memang memberikan fasilitas kredit sehingga anda tidak membutuhkan modal besar karena setiap konsumen membayar kepada anda, maka anda langsung setor ke toko. Namun resiko nya jika konsumen anda nunggak maka anda yang akan menanggungnya.

Yang kedua adalah anda membeli barang yang di pesan oleh konsumen dengan menggunakan uang anda sendiri. Baru nanti anda kreditkan. Semakin tinggi harga barang yang di pesan maka keuntungan anda akan semakin besar pula.

2. Manajamen Yang Baik

Meskipun usaha ini terlihat sepele tetapi nyatanya harus memiliki manajamen yang baik untuk mencatat Kredit semua konsumen. Intinya untuk menjalankan usaha kredit ini anda harus teliti sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan kredit.

3. Promosi

Usaha kredit barang ini tidak bisa langsung di lihat seperti usaha laundry atau yang lainnya sehingga anda membutuhkan promosi dari mulut ke mulut. Selain itu juga anda yang menyiapkan banyak list barang yang bisa di kreditkan.

4. Banyak Pilihan Barang

Karena kebutuhan orang berbeda-beda, maka anda harus menyiapkan banyak Jenis barang. Misalnya TV, kulkas, springbed, HP, mesin cuci dan masih banyak Jenis barang lainnya. Semakin banyak Jenis yang di kreditkan maka akan semakin banyak orang yang tertarik

5. Memiliki Perjanjian

Perjanjian yang harus anda buat adalah dalam bentuk nota yang berisi tentang Jenis barang yang di kredit, besaran kredit serta waktu jatuh tempo kredit tersebut. Perjanjian ini di buat bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

6. Menjalin Hubungan Baik Dengan Konsumen

Dalam melakukan usaha kredit barang tentu harus menjalin Hubungan yang baik antara penjual dan pembeli. Karena jika tidak maka bisa saja tagihan kredit yang tersisa tidak akan di bayar. Selain itu juga konsumen dapat menjadi media promosi.

7. Mencari Distributor

Distributor ini adalah tempat anda mengambil barang. Jadi anda harus mencari distributor yang dapat memberikan harga yang paling murah sehingga keuntungan anda dari kredit bisa besar.

Tinggalkan komentar