Mudik Lebaran Tahun 2021, Resmi Di Larang Pemerintah. Ada Sanksi Bagi Pelanggar?

Larangan Mudik Tahun 2021 – Sepertinya buat sobat perantau yang ingin merayakan idul fitri di kampung halaman harus ditunda terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan adanya peraturan dari pemerintah yang sudah resmi melarang mudik lebaran di tahun 2021 ini.

Dikutip dari CNN Indonesia bahwa Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan risiko penularan Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan angka penularan dan kematian Covid-19 masih tinggi terutama pasca libur panjang.

“Cuti bersama idul fitri satu hari ada, tapi enggak boleh ada aktivitas mudik. Pemberian bansos akan diberikan,” kata Muhadjir di Jakarta, Jumat (26/3).

Mudik Lebaran Tahun 2021, Telah Resmi Di Larang Pemerintah. Ada Sanksi Bagi Pelanggar?

larangan mudik lebaran 2021
Foto by tribunnews.com

Kata Muhadjir, aturan resmi tentang larangan mudik akan diatur lebih lanjut oleh Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Mekanisme pergerakan orang dan barang akan diatur kementerian dan lembaga terkait. Untuk kegjatan keagaman dalam rangka menyambut Ramadan akan diatur Kemenag, dan berkonsultasi dengan organisasi keagamanan,” kata Muhadjir.

Kebijakan melarang mudik lebaran ini, menurut Muhadjir, diambil sesuai arahan Presiden joko Widodo pada 23 Maret 2021.

“Ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan. Berlaku untuk seluruh ASN/TNI-Polri karyawan swasta maupun pekerja mandiri dan seluruh masyarakat”

Muhadjir mengatakan, seluruh kementerian dan lembaga akan mempersiapkan komunikasi publik yang baik mengenai peniadaan mudik ini.

“Larangan mudik akan dimulai pada tanggal 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021 dan sebelum itu dan sebelum dan sesudah hari dan tanggal itu diimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan yang keluar daerah sepanjang kecuali betul-betul dalam keadaan mendesak dan perlu,” katanya. 

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga mengingatkan jajaran kepala daerah soal masih tingginya risiko penularan covid-19.

“Yang perlu saya ingatkan tugas kita dalam penanganan covid ini belum selesai, risiko covid masih ada. Hati-hati risiko covid-19,” kata Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional V APKASI di Istana Negara, Jumat (26/3).

Adakah Sanksi Untuk Masyarakat Yang Memaksa Mudik?

Dikutip dari Motorplus-online.com, Menurut Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan menyebut sanksi tersebut sama seperti yang berlaku pada musim lebaran 2020 lalu. Nantinya masyarakat diminta untuk memutar balik kendaraanya. “Putar balik,” tegas Rudy, dikutip dari Tribun Jakarta.

Korlantas Polri juga akan melakukan penyekatan di pintu masuk dan keluar yang biasa digunakan sebagai jalur mudik. Namun yang pasti, pola pencegahannya akan dilakukan secara tegas dan humanis.

“Kami akan melakukan pengaturan dan penjagaan di pos-pos pengamanan dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 dan terus melaksanakan operasi yustisi tentang prokes,” tutur Rudy

Gak cuma Polri, Kemenhub juga akan segera menyusun aturan baru tentang pelaksana pengendalian transportasi pada periode mudik Lebaran 2021.

“Aturan tersebut berkaitan dengan pengaturan transportasi umum dan syarat perjalanan,” ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dikutip dari Kompas.com.

Meski belum mendetail seperti apa aturan pembatasan transportasi nantinya, Adita mengatakan, semenjak merebaknya pandemi Covid-19, Kemenhub telah menerbitkan berbagai Surat Edaran (SE) yang mengatur pergerakan transportasi.

“Sejak pandemi, Kemenhub telah mengeluarkan aturan berupa Surat Edaran tentang protokol kesehatan secara ketat, mulai keberangkatan, dalam perjalanan, hingga kedatangan,” tuturnya.

Nantinya, pada periode mudik tahun ini pembatasan pergerakan transportasi akan kembali diterapkan baik untuk kendaraan umum maupun pribadi.

“Dalam pengaturan dan pengawasan di lapangan, Kemenhub berkoordinasi intens dengan Polri,” pungkas Adita

Mau tidak mau memang harus mentaati aturan yang dianjurkan oleh pemerintah. Dimana pemerintah menerapkan aturan ini adalah demi kebaikan bersama. Terutama adalah untuk mencegah penyebaran kasus positif covid-19 di Indonesia.

Meskipun sudah banyak penurunan namun pemerintah meminta agar semua pihak tidak boleh lengah sampai kasus covid di Indonesia benar-benar sudah tiada nantinya.

Oke sobat, sekian informasi kali ini mengenai larangan mudik pemerintah pada tahun 2021 ini. Demikian yang dapat kami sampaikan dan terima kasih.

Tinggalkan komentar